Sabtu, 12 November 2016

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris?


Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris?

Sejak memasuki era globalisasi dan perkembangan ekonomi Indonesia dalam dunia internasional, menguasai bahasa asing merupakan trend terkini yang sudah diminati kebanyak penduduk di Indonesia. Hal ini disebabkan tuntutan masa depan yang semakin lama semakin banyak persaingan yang harus dihadapi dalam segala bidang termasuk dunia pendidikan. Bahasa yang dijuluki sebagai Lingua Franca ini paling banyak memiliki penutur di dunia sehinga menjadi alat untuk menjalin hubungan kerjasama antar negara. Jadi sangat penting sebenarnya bisa menguasai bahasa Inggris baik dalam komunikasi maupun tulisan. Banyak orang di Indonesia yang lambat laun semakin menyadari betapa pentingnya menguasai bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Mereka yang belum mengerti sedikit pun tentang bahasa universal itu mencari cara termasuk belajar baik di lembaga maupun sendiri untuk dapat mahir berbahasa Inggris. Hanya saja, ada diantara sebagian orang Indonesia masih bingung darimana untuk mulai belajar. Beberapa dari mereka memiliki banyak kendala untuk belajar di lembaga karena kesibukan lain yang hatus dilakukan. Ada yang memilih untuk belajar sendiri dengan berbagai macam metode belajar. Namun mereka masih sering bertanya bagaimana cara belajar bahasa Inggris? Apa yang pertama kali harus dimulai dalam belajar bahasa Inggris? Inilah sekilas tentang trik bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang mungkin akan membantu Anda sedikit untuk memulai belajar bahasa Inggris.

1. Belajarlah dengan kesungguhan
Apapun yang akan kita lakukan tentu memerlukan kesungguhan yang tinggi agar dapat mearih hasil yang maksimal. Tidak berbeda dengan belajar bahasa Inggris, mulai belajar bahasa Inggris dengan kesungguhan karena siapa pun mereka yang bersungguh-sungguh akan mendapat kesuksesan nantinya. Banyak orang yang memiliki tekad dan niat yang kuat untuk belajar bahasa Inggris tetapi tidak bersungguh-sungguh untuk mempelajari bahasa Inggris secara berkelanjutan. Faktanya, bahasa tidak akan dapat dikuasai jika tidak dilatih setiap waktu, mereka yang tidak konsisten akan lupa kosakata dan akhirnya akan mengulang lagi bahasa Inggris yang tadinya sedikit dia mengerti namun hilang karena tidak sungguh-sungguh. Jadi, jika Anda bertanya bagaimana cara belajar bahasa Inggris? Awali dengan kesungguhan untuk belajar bahasa Inggris dengan konsisten.

2. Buatlah list to learn English
Biasanya orang membuat daftar tentang hal-hal yang akan mereka lakukan untuk suatu tujuan, ini cara yang efisien agar mereka dapat melakukan sesuatu secara terstruktur untuk suatu tujuan di masa depan. Jika hal itu berhasil, kenapa Anda tidak mencoba melakukan hal yang sama untuk belajar bahasa Inggris? Buatlah daftar hal yang menarik yang ingin Anda pelajari dari bahasa Inggris semisal tulis vocabulary sebagai hal pertama yang akan Anda lakukan lalu apa lagi yang akan dilakukan selanjutnya. Buat target waktu pada setiap poin, berapa lama Anda akan mempelajari dan menguasai kata-kata ringan dan setelah itu berapa lama Anda akan berlatih bicara di depan cermin. Jika Anda sudah mengatur diri Anda untuk belajar bahasa Inggris dan konsisten, maka Anda akan melihat kemajuan dalam belajar bahasa Inggris ini.
3. Berlatih dan Mengulang
Kunci bagaimana cara belajar bahasa Inggris adalah dengan berlatih dan terus mengulang. Bahasa adalah sebuah alat komunikasi, tidak aka nada gunanya jika hanya dipelajari tanpa dilatih. Orang bisa menguasai suatu ilmu karena selalu membiasakan diri dengan ilmu tersebut setiap waktu, pengulangan dan latihan yang dilakukan secara berkelanjutan akan menjadikan kita terbiasa dengan kata-kata bahkan ucapan-ucapan berbahasa Inggris. Jangan tutup buku atau kata-kata yang sudah Anda kumpulkan tanpa mengulang dan melatihnya kembali dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan dengan bahasa Inggris akan lebih maksimal jika selalu bersama bahasa itu setiap harinya.

4. Fokus dalam belajar bahasa Inggris
Banyak orang sering mengabaikan cara ini untuk belajar bahasa Inggris atau ilmu apapun. Mungkin terlihat sepele hanya dengan kata focus, tapi percayalah jika Anda fokus dalam belajar bahasa Inggris, akan sangat sulit bagi Anda untuk menangkap maksud dari kalimat atau kata-kata bahasa Inggris dan Anda juga akan selalu bingung dalam menempatkan kalimat yang tepat walau Anda sudah sering mempelajarinya.  Jadi fokuslah dalam mempelajari bahasa Inggris agar semua yang Anda pelajari terekam dan melekat di dalam ingatan Anda.
Belajar bahasa Inggris sebenarnya sangat mudah jika dilakukan dengan cara yang tepat. Semua tergantung seberapa besar Anda membutuhkan bahasa Inggris untuk menunjang masa depan Anda. Trik tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris ini hanyalah trik umum untuk memulai belajar bahasa Inggris dengan metode-metode belajar yang kita bisa cari dari berbagai sumber. Namun trik-trik yang disebutkan diatas adalah poin utama yang sangat penting untuk memulai belajar bahasa Inggris. Semoga ini bermanfaat untuk para pembaca. (SM)

Email     : excellentprivat@gmail.com
Website : excellentinhousetraining.com
Phone    : 087885296161/ 081280255466

excellentinhousetraining.com

Terimakasih telah membaca artikel tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris ini.
R.O



Tidak ada komentar:

Posting Komentar