Selasa, 15 November 2016

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif


Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif

Belajar bahasa Inggris pada era modern ini menjadi suatu kewajiban untuk mendukung karir di masa depan. Mempelajari bahasa Inggris dapat diibaratkan berada di dua dunia, dunia ‘negative’ maupun dunia ‘positif’. Maksudnya dari istilah itu adalah, ada yang mengalami perkembangan saat belajar bahasa Inggris da nada yang tetap static tidak ada kemajuan dalam penguasaan bahasa tersebut. Ada diantara sebagian orang hampir menyerah bahkan seakan tertekan belajar bahasa Inggris karena tidak ada perubahan yang positif dari apa yang telah mereka pelajari. Karena tidak adanya kemajuan, motivasi belajar yang mereka miliki seringkali hilang karena ketidakpuasan pada hasil yang kurang baik itu. Ada juga dari mereka menyalahkan guru kursus (jika mereka mengikuti kelas bahasa Inggris) yang tidak tepat memberi pelajaran. Padahal dalam kenyataannya kegagalan seperti ini sering disebabkan oleh kesalahan pada diri mereka sendiri. Mengingat pentingnya bahasa Inggris sebagai penentu masa depan, mempelajari bahasa Inggris memang haruslah dihadapi walau terkadang banyak kendala yang terjadi saat proses belajar. Orang lebih sering bingung bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif agar dapat memperoleh kemajuan yang signifikan. Menentukan cara atau strategi belajar bahasa Inggris yang efektif bukanlah hal yang mudah, karena setiap individu mempunyai cara belajar yang berbeda karena perbedaan minat, bakat, kapasitas mengingat, kepribadian, tujuan, dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan. Setiap individu yang tidak menyerah walau masih belum melihat hasil yang jelas dalam belajar bahasa Inggris tetap mencari bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif  sehingga tercapainya suatu tujuan.
Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif?

Semua orang tentunya membutuhkan cara belajar bahasa Inggris yang efektif untuk dapat menguasai bahasa Inggris dengan baik. Hanya saja, cara efektif tergantung pada diri masing-masing yang menilai seberap efektifkah metode yang Anda gunakan. Ada dua hal yang dapat dikategorikan sebagai cara belajar bahasa Inggris efektif yang telah diterapkan sebagian orang, ini patut dicoba dan tidak menutup kemungkinan Anda akan berhasil jika menanamkan metode ini dalam diri.

1. Dorongan  dan Tujuan untuk mahir bahasa Inggris
Salah satu ciri khas dari orang yang berhasil menguasai bahasa Inggris adalah keinginannya yang kuat untuk berkomunikasi dan tujuan yang ingin dicapai setelah mahir berbahasa Inggris. Orang dengan tujuan yang jelas setelah mahir bahasa Inggris dan dorongan kuat untuk menggapainya akan selalu mencari kesempatan untuk berbicara dalam bahasa Inggris yang sedang mereka pelajari. Kalaupun mereka terbentur pada suatu kesulitan dalam menemukan suatu kata, mereka akan berusaha dengan berbagai cara, seperti gerakan tangan atau dengan menggunakan penjelasan dengan kata-kata lain untuk dapat menyampaikan maksud mereka. Sebaliknya, bila mereka tidak tahu arti dari salah satu kata yang dipakai oleh lawan bicara mereka, mereka akan mencoba mengira-ngira artinya dari konteks yang ada. Anda tidak usah bertanya tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif  jika tidak ada dorongan kuat dalam diri Anda. Maka dari itu, doronglah diri Anda untuk belajar bahasa Inggris karena tujuan yang harus dicapai nantinya. Jangan pernah malu bicara dalam bahasa Inggris dengan teman. Dan jika sekalipun Anda membuat kesalahan, jangan takut orang akan menertawakan, kesalahan itu akan membuat kita mencari kebenaran untuk memperbaikinya.


Bagaimana Cara Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif


2. Tanamkan Minat untuk Belajar Segala Hal Tentang Bahasa Inggris
Jika Anda memiliki keinginan untuk belajar bahasa Inggris, maka Anda harus menanamkan minat yang tinggi tentang segala hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Anda pastinya tahu persis bahwa bahasa Inggris sangat berbeda dengan bahasa Indonesia baik itu dari kosakata, pola kalimat, pengucapan, bahkan ungkapan-ungkapan yang ada dalam bahasa Inggris. Untuk dapat menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka Anda harus mempunyai minat yang tinggi dalam mengumpulkan kosakata, berbicara sedikit demi sedikit menggunakan bahasa Inggris walau terjadi kesalahan grammar, mempelajari pola-pola kalimat seiring dengan latihan bicara setiap hari serta melatih pendengaran juga rasa ingin tahu kita terhadap lagu atau hal-hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Ini akan menjadi cara yang efektif belajar bahasa Inggris.

Nah, masihkah Anda bertanya bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif? Jika kedua hal kecil diatas tidak ada dalam diri Anda, seperti apapun metode Anda belajar akan menjadi tidak efektif bagi Anda menguasai bahasa Inggris. Jadi mulailah semua dari dalam diri Anda, sukailah dan biasakan bahasa Inggris itu berada di sekitar Anda sehingga Anda akan lebih mengenalnya dengan baik dan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut kepada semua orang asing. Percaya diri Anda akan muncul jika Anda sudah terbiasa.

Email     : excellentprivat@gmail.com
Website : excellentinhousetraining.com
Phone    : 087885296161/ 081280255466

excellentinhousetraining.com

Terimakasih telah membaca artikel tentang bagaimana cara belajar bahasa Inggris yang efektif  ini,
R.O




Tidak ada komentar:

Posting Komentar