Kamis, 10 November 2016

Tips Belajar Bahasa Inggris Sendiri


Tips Belajar Bahasa Inggris Sendiri

Menghadapi era globalisasi seperti sekarang ini, belajar bahasa Inggris adalah suatu kewajiban. Siapa yang tidak tahu bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan oleh dunia internasional dalam berkomunikasi secara universal? Semua jelas sudah tahu akan hal itu. Keahlian berbahasa Inggris menjadi salah satu keahlian yang kian digemari dan juga dibutuhkan oleh siapa saja dari waktu ke waktu. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa paling banyak penutur dan penggunanya di dunia maka tidak heran jika bahasa Inggris diberi predikat sebagai bahasa nomor satu di dunia. Inilah yang membuat bahasa Inggris kian penting bagi siapapun untuk dipelajari. Dengan memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa Inggris maka kita sudah memiliki suatu keahlian yang dapat menjadi bekal dalam bersaing di era globalisasi. Untuk mempelajari bahasa Inggris, sudah banyak berbagai cara yang muncul agar kita mampu berkomunikasi bahasa Inggris, baik itu sendiri maupun mengikuti les bahasa Inggris. Hanya saja ada yang mungkin tidak memiliki kesempatan untuk mendatangi lembaga kursus sehingga harus belajar sendiri. Untuk ini, ada beberapa tips belajar bahasa Inggris sendiri yang mungkin berguna bagi kalian yang ingin mencobanya.

1. Buat catatan bahasa Inggris
Ini adalah salah satu tips belajar bahasa Inggris sendiri yang sering diabaikan orang padahal sebenarnya sangat membantu . Tak dapat dipungkiri, menulis adalah hal utama dalam belajar termasuk belajar bahasa. Menulis dalam hal ini tidak seperti menulis dengan kata sulit dan sangat panjang tetapi membuat catatan-catatan kecil dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa dalam tulisan itu. Anda tentunya sering membuat status di media social, mulailah dari catatan-catatan singkat dan sederhana yang dapat melatih diri Anda untuk mengenal bahasa Inggris. Temui banyak kosakata dan buatlah catatan kecil pada media yang Anda miliki seperti gadget atau mungkin kertas jika kalian masih suka menulis tangan. Ini akan sangat berguna untuk membiasakan diri Anda berbahasa Inggris.


Tips Belajar Bahasa Inggris Sendiri

2. Jangan terlalu Fokus pada GRAMMAR
Seringkali tips belajar bahasa Inggris sendiri di dalamnya tentang belajar grammatikal. Namun, banyak orang yang tidak memiliki rasa percaya diri untuk belajar karena takut akan salah pada penempatan kalimat atau pola kalimat (grammatikal). Pada dasarnya, bahasa hanyalah sebagai alat komunikasi untuk menyampaikan suatu keinginan atau tujuan dalam bentuk ucapan lisan maupun tulisan. Sayangnya, belajar bahasa Inggris yang selama ini diterapkan di dunia pendidikan biasa terfokus pada grammatikal yang seringkali membuat orang bingung. Sebenarnya grammatikal atau tata bahasa adalah hal yang sangat penting untuk menciptakan pengucapan yang baik, tapi harus diingat bahwa tujuan belajar bahasa Inggris bukan untuk menghafal grammar. Jika seseorang terlalu focus pada grammar, maka dia akan ragu untuk mengtakan sesuatu dalam bahasa Inggris. Mereka akan memerlukan waktu yang lama dengan berbagai pertimbangan grammar ketika akan mengatakan suatu kalimat. Inilah yang menghabiskan banyak waktu dan memeprlambata proses belajar bahasa Inggris. Satu hal yang perlu Anda tahu dalam belajar, seringlah berbuat kesalahan karena dengan kesalahan itu kita akan tahu cara memperbaikinya dan semakin mahir dalam berbahasa Inggris.
3. Buat target hafalan vocabulary setiap hari
Seperti yang sudah diketahui, modal utama mahir dalam bahasa Inggris adalah kaya akan vocabulary atau kosakata. Anda tidak akan bisa bicara dalam bahasa Inggris jika tidak tahu kata-kata sehari-hari dalam bahasa Inggris. Untuk melatih diri Anda agar dengan cepat mahir berkomunikasi dalam bahasa Inggris, Anda perlu menghafal kosakata dalam bahasa Inggris, tapi tidak akan mungkin kita menghafal semua isi kamus bahasa Inggris karena itu akan membuat kita semakin takut dengan bahasa Inggris. Buatlah target hafalan vocabulary setiap harinya dan tingkatkan itu dari hari ke hari. Jika dalam satu hari Anda hanya mampu mengingat 5-10 kosakata, itu merupakan kemajuan yang sangat baik. Cobalah untuk mencari media yang dapat mendengarkan pengucapan (pronunciation) katanya agar kita juga bisa menghafal sambil berlatih mengucapkan. Ini akan sangat membatu Anda mahir bahasa Inggris jika Anda rajin melakukannya.
3. Berani bicara di depan orang dengan bahasa Inggris
Keberanian adalah hal yang sangat penting dalam belajar bahasa Inggris sendiri. Jika seseorang tidak berani bicara dengan bahasa Inggris di depan orang, mana mungkin mereka akan mahir berbahasa Inggris dengan cepat. Mulailah untuk berani mengungkapkan tujuan atau hanya sedikit kata menggunakan bahasa Inggris, Jangan takut salah dalam pengucapan kata atau grammar. Anda akan dapat memeperbaikinya jika terus berlatih bicara di depan orang. Jika sudah terbiasa bicara dengan bahasa Inggris, maka Anda akan merasa nyaman bicara tanpa ada ketakutan sedikitpun.


tips belajar bahasa Inggris sendiri yang sederhana ini sangat penting sebagai penunjang Anda belajar. Mulailah berlatih dari sekarang dan Anda akan dapat mahir berbahasa Inggris dalam waktu dekat. Jika Anda butuh info lebih lanjut mengenai tips belajar bahasa Inggris sendiri, silahkan hubungi kami melalui email lesprivatjakarta@gmail.com atau hubungi kami melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466. (SM)

excellentinhousetraining.com

Terimakasih telah membaca artikel tentang tips belajar bahasa Inggris sendiri ini.
R.O





Tidak ada komentar:

Posting Komentar